Definisi Muak

Mu·ak menurut KBBI adalah 1) sudah jemu (karena sudah kerap kali makan dan sebagainya): tiap hari diberi makan tempe, -- sudah; 2) merasa jijik sampai hendak muntah: -- aku melihat kotoran manusia di rumah sakit itu; 3) merasa bosan atau jijik mendengar atau melihat: aku -- melihat tingkah lakunya.


Ada kondisi terus menerus yg kasarannya 'enggak asyik' dan diri kita tetiba mengekspresikannya kayak mual aja, pengen hoeks, persis kayak ada di list icon smiley itu.

Setahun belakangan, saya mulai uji coba melepaskan jiwa raga untuk merespon dengan natural terhadap peristiwa yang menyinggung hidup saya.

Dan, pada suatu hari saya menemukan momen Muak tersebut.


Singkat cerita, beberapa hari itu saya ditinggal oleh partner❤️ ke luar kota untuk beberapa minggu. Sudah jalan beberapa hari waktu itu. Partner❤️ jika dinas luar itu gayanya seperti di zaman batu, jadi kami selalu minim komunikasi, boro-boro basa-basi, hal penting saja mungkin dibahas dalam 1 atau 2 kalimat saja.

Ya sudahlah. Sudah biasa sebetulnya, tapi hari itu perpaduannya ternyata sungguh membuat hati enggak jelas.

Padahal anak-anak tidak ada masalah berarti dan ada orang tua yang menemani selama partner❤️ pergi.

Saat itu pulang mengantar anak sekolah dengan sepeda motor. Cuaca mendung bahkan habis hujan. Masuk ke kompleks perumahan disambut oleh jalanan berlubang disana-sini. Sampailah di tikungan terakhir menuju rumah. Eh lha kok tiba-tiba rasa pengen 'hoeks'. Sampai kaget sambil mbatin, "ih apaan nih, kok tiba-tiba kayak pengen muntah, hehe..ada-ada saja", kaget tapi jadi merasa lucu sendiri.

Seperti biasanya sebuah momen, rasa itu hanya berlangsung singkat.


Sampai di rumah sudah biasa saja.

Beberapa jam kemudian, barulah tahu, pemicu rasa muak itu apa. Berkat perfeksionis dari bapak saya, he...

Beliau habis memakai motor saya. Pulang dari pergi beliau bilang, "ini motornya kenapa ya? Kayaknya 'katosen' bannya." Artinya, bannya terlalu keras.

Inget-inget ternyata beberapa hari sebelumnya saya memang pernah isi angin. Dan sejak isi angin itu memang berasa motor menjadi enggak nyaman, apalagi ketika kena jalan yang tidak rata atau halus.


Selepas angin ban dikempeskan sedikit oleh bapak, benarlah motor menjadi nyaman, empuk lagi.

Dan mengingatkan saya tentang momen Muak. Momen sesaat, yang ternyata selain ada alasan mood mungkin, ada juga alasan logisnya. 


Mengalami momen Muak secara sadar saat itu memberi saya pengalaman baru. Bahwa muak itu adalah salah satu jenis rasa yang normal dialami oleh seseorang. Sama dengan rasa sedih atau senang. 

Dan seperti kata KBBI, muak terjadi karena sebuah kejenuhan atau bosan terhadap sesuatu atau kondisi. 


Kamu pernah merasakan momen Muak apa nih? 

0 Comments:

Post a Comment

 

Catatan Bintutsaniyah Template by Ipietoon Cute Blog Design