Resep Simpel Tahu Aci

 

Sekitar tahun 2012 atau 2013, saya pernah mengikuti sebuah kompetisi menulis dari sebuah tabloid wanita. Saat itu sama sekali belum pernah menulis bebas, jadi sadar diri untuk hasilnya. Hanya karena penasaran dan temanya yang cocok akhirnya mantap ikut.

Sekian hari setelah pengumuman pemenang, yang tentu saja bukan saya, he... Datanglah paket ke rumah. Ternyata dari official tabloid tersebut. Entah apakah semua peserta kompetisi mendapatkan paket yang sama dengan saya atau tidak, saya tidak tahu. Yang pasti saya senang sekali. Ternyata isinya sebuah tas tangan dan...sebuah buku masakan yang hard cover. Tahu kan, buku bagus dengan hard cover harganya tidaklah murah. Alhamdulillah, rezeki bisa datang kapan saja, dan bisa berupa apa saja ya.

Lewat buku tersebut, cukup memberikan semangat memasak. Tapi, tidak berapa lama. Resep sebetulnya mudah, tapi entah kenapa selalu gagal. Jadi, lama-lama saya lupakan.
Nah, kali ini saya mulai tertarik buka lagi nih. Percobaan pertama saya resep tahu Slawi ini. Fyi, dulu saya pernah coba bikin ini dan gagal. Lengket dimana2. Alhamdulillah sekarang berhasil, padahal masak dengan santai. Mungkin bisa memasak juga butuh banyak "jam terbang" ya, selain juga rasa hepi saat memasak (dulu sepertinya terpaksa). Jadi, buat yang masaknya masih suka tidak sesuai ekspektasi, tetap semangat ya, mungkin cerita kita akan sama☺️

Source resep: Bango, Buku Mudah Memasak Kuliner Nusantara (2010), ditulis ulang dalam Cookpad- Bintu Tsaniyah


Bahan:
5 buah tahu kuning kecil, potong diagonal (me: 6 tahu putih)
Rendaman tahu:
200 ml air
1 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
Minyak secukupnya
Bahan isi:
50 gr tepung sagu (me: tapioka)
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
50 ml air es
1 tangkai kucai, iris 1 cm (me: daun bawang)

Bahan sambal:
75 ml kecap manis
5 buah cabai rawit iris


Cara membuat:
1. Keruk tahu bagian tengahnya, setelah itu rendam dalam bahan rendaman.
2. Aduk rata tepung sagu (tapioka), bawang putih, garam, merica, kucai (daun bawang) dan kerukan tahu. Tambahkan air es, uleni hingga kalis.
3. Masukkan dalam tahu.
4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
5. Sajikan bersama sambal kecap.

Selamat memasak.


0 Comments:

Post a Comment

 

Catatan Bintutsaniyah Template by Ipietoon Cute Blog Design